Peranan manusia sebagai salah satu sumber daya dalam suatu organisasi menjadi hal yang tidak perlu lagi diperdebatkan, bahwa aliran kontemporer sudah tidak lagi memandang manusia sebagai sumber daya (resources) tetapi lebih daripada itu memandang manusia sebagai salah satu bentuk modal (capital) bagi penyelenggaraan suatu organisasi.

Menyadari hal tersebut, maka bagian yang menjadi kepercayaan di YKP bank bjb dengan arahan dari Pengurus telah menjadikan program enchancement dan improvement sebagai bagian dari program kerja yang diarahkan untuk menghasilkan pegawai-pegawai yang kompeten dan memiliki pengetahuan serta keterampilan tinggi. Sehingga dengan demikian diharapkan tampil dalam performa terbaiknya sebagai capital dari suatu organisasi. YKP bank bjb melalui bagian SDM telah merencanakan dan melaksanakan berbagai program pelatihan baik yang menyangkut hardskill pegawai sesuai pembidangan kerjanya.

Disadari bahwa membina dan mengembangkan eksistensi serta keterampilan tidak akan lengkap tanpa dibarengi dengan kemampuan untuk melakukan halhal yang bersifat non teknis, oleh karena itu program pelatihan yang direncanakan dan dirancang Bagian SDM menjadikan softskill sebagai materi yang juga harus dipahami dan diimplementasikan, baik itu lewat bidang komunikasi, presentasi maupun leadership khususnya bagi mereka yang sudah pada jenjang supervisor. Sebagai sweetener pada tahun ini, pertama kali YKP bank bjb melakukan The Best Employee Award, program ini direncanakan dapat berkesinambungan dan diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pegawai untuk memberikan yang terbaik bagi YKP bank bjb dalam melaksanakan aktivitasnya sesuai dengan visi misi yang ingin dicapai serta menjadi role model baik di dalam maupun di luar pekerjaan dan dapat dijadikan change agent dalam penerapan budaya kerja YKP bank bjb.