(picture: google.com)

 

Saat bulan puasa pengeluaran biasanya bukan lebih efisien namun malah lebih besar. Kebiasaan makan 3 kali sehari yang berubah bukan berarti pengeluaran menjadi lebih efisien, namun kadang malah membengkak karena momen buka puasa dijadikan saat balas dendam dengan banyak membeli makanan/minuman yang lebih dari biasanya. Ditambah lagi menjelang lebaran pengeluaran semakin meningkat dengan banyaknya membeli barang-barang keperluan lebaran. Bagaimana agar saat puasa dan mejelang lebaran kita dapat tetap menjaga pengeluaran efisien berikut beberapa tips :

1. Mengontrol Pengeluaran Kebutuhan Pangan Dibulan Puasa

Menganggarkan pengeluaran kebutuhan makan selama bulan puasa sehingga diketahui estimasi belanja selama satu bulan dengan mencatat menu sahur dan buka puasa agar pengeluaran lebih terkontrol. Belanja kebutuhan langsung selama satu bulan penuh pun bisa lebih efisien dimana menjelang lebaran barang-barang kebutuhan biasanya mengalami kenaikan

2. Membatasi Diri Keluar Rumah

Saat pandemic masyaralat dianjurkan untuk lebih banyak tinggal dirumah, selain untuk memitigasi penyebaran covid 19, hal tersebut dapat juga menjadi momen kita untuk lebih efisien.  Budaya “ngabuburit” yang biasa kita lakukan dengan jalan keluar rumah, ke tempat perbelanjaan  dll yang merangsang kita untuk berbelanja kiranya dapat dihindari.  Selain untuk memitigasi penyebaran penyakit, dengan banyak tinggal dirumah ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan pun dapat lebih afdol.

3. Membatasi Berbuka Puasa Diluar Rumah

Ajakan berbuka puasa diluar kadang tidak bisa kita hindari, namun apabila memang  diharuskan kita dapat memilih tempat yang tidak menguras dompet dan menentukan prioritas berbuka puasa yang dihadiri.  Kondisi pandemic yang banyak keterbatasan dan larangan juga dapat  menjadi alasan mengurangi intensitas acara berbuka puasa diluar.

4. Membawa Bekal Buka Puasa

Apabila pada saat berbuka puasa kita sering berada diluar rumah atau masih dikantor karena kesibukan atau memang harus lembur, bukan berarti harus selalu jajan diluar atau buka puasa di restoran. Hal tersebut dapat kita siasati dengan membawa bekal berbuka puasa dari rumah, sehingga pengeluaran masih dapat kita control.

5. Tidak Berbelanja Berlebihan

Pada saat menjelang hari raya lebaran budaya di masyarakat kita terbiasa mempersiapkan segala sesuatu  seperti  menyediakan kue-kue lebaran dan memakai sesuatu yang baru seperti baju, sepatu, tas baru dll.  Hal tersebut dapat kita siasati dengan membatasi belanja dengan cara membuat kue-kue sendiri, tidak perlu selalu memakai barang-barang baru, kita dapat padu padankan atau memodifikasi barang-barang yang kita miliki.

6. Mengalokasikan THR

Pada saat menerima THR tentunya kita harus cermat menggunakannya, menahan diri untuk tidak berbelanja berlebihan dan menyisihkan Sebagian THR yang diberikan untuk investasi