(picture: www.google.com)

 

Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka kasus Covid-19 yang kian meningkat yaitu melalui pemberian vaksin Covid-19 secara global. Meski demikian, hingga saat ini masih banyak orang yang merasa ragu dan takut untuk melakukan vaksinasi. Sehingga edukasi  tentang vaksin Covid-19 menjadi sangat penting. Kementrian Kesehatan menerangkan beberapa tips yang dapat menjadi panduan bagi masyarakat yang akan mendapatkan vaksin Covid-19  dalam waktu dekat, guna menghindari efek samping berlebih serta dampak buruk yang tidak diinginkan, karena fisik atau mental yang kurang menunjang.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Sebelum Vaksinasi Covid-19

  • Pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat

Kondisi badan harus dalam keadaan sehat dan bugar, tidak sedang dalam keadaan sakit. Hindari melakukan kegiatan berat yang mengakibatkan kelelahan. Pastikan tidur cukup 7-8 jam untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Hindari Stres

Stres dapat memengaruhi sistem kekebalan seseorang, mengganggu kemampuan vaksin untuk menangkal infeksi. Sehingga vaksin tidak dapat bekerja secara optimal.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi

Vaksin tidak bekerja secara instan. Maka itu, mengkonsumsi makanan bergizi bisa memengaruhi potensi efektivitas kerja vaksin pada tubuh. Usahakan untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral sebelum menerima vaksinasi Covid-19. Utamakan sarapan pagi dan minum air yang cukup.

  • Hindari Olahraga Berat

Rutin berolahraga baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga juga perlu dilakukan sebelum mendapatkan vaksin, karena kebiasaan ini baik untuk membantu daya tahan tubuh tetap kuat. Namun, Anda disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat atau olahraga secara berlebihan, karena hal ini justru bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

 

Setelah Vaksinasi Covid-19

  • Perhatikan efek samping vaksin

Vaksin Covid-19 dapat menimbulkan beberapa efek samping ringan seperti Nyeri/Bengkak di lokasi suntikan, Demam, Menggigil, Lelah dan Sakit Kepala. Jika merasakan salah satu gejala tersebut, disarankan untuk beristirahat yang cukup, memberi kompres dingin pada area suntikan, dan lebih sering menggerakkan lengan yang disuntik. Apabila merasakan gejala yang lebih berat, silahkan kosnultasikan ke dokter.

  • Tetap memperhatikan protokol kesehatan

Meski sudah mendapat vaksin Covid-19, bukan berarti Anda sepenuhnya terhindar dari infeksi virus Corona. Orang yang sudah divaksin Covid-19 tetap bisa terkena penyakit ini, bahkan menularkannya kepada orang lain. Oleh karena itu, tetaplah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

  • Siapkan diri untuk vaksinasi kedua

Vaksin COVID-19 harus diberikan dalam 2 dosis agar bisa menghasilkan reaksi imunitas yang optimal. Jadwal pemberian vaksin COVID-19 kedua adalah 2 minggu setelah pemberian vaksin COVID-19 dosis pertama.