(picture: www.pinterest.com)

 

Dampak penyebaran Covid19 saat ini sudah mempengaruhi berbagai aspek khususnya dalam hal pembatasan berbagai aktivitas sosial. Salah satu pembatasan tersebut dengan adanya kebijakan pemerintah bagi dunia pendidikan yang merubah metode pembelajaran dari tatap muka menjadi menjadi gaya belajar online atau Learning From Home. Kondisi ini tentunya membutuhkan banyak penyesuaian yang harus dilakukan khususnya bagi anak-anak, agar kegiatan belajar tidak membosankan serta tidak menimbulkan rasa tertekan dan stress.

 

Untuk mencegah hal-hal tersebut dan kegiatan belajar dapat berjalan lebih efektif,, orang tua bisa membuat suasana belajar online/ Learning From Home terasa lebih mudah dan seru bagi anak. Bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut ini :

 

  • Ciptakan Tempat Belajar Yang Nyaman

(picture: www.google.com)

Agar anak semangat belajar, perhatikan suasana belajar. Cari ruangan yang terang dengan suhu ruangan yang pas, tidak terlalu dingin atau panas. Jauhkan perhatian anak dari tv, game dan jenis permainan lainnya. Sesekali ajak anak untuk belajar di tempat terbuka seperti taman dan rooftop.

 

  • Atur Durasi Belajar Anak

(picture: www.google.com)

Setiap orang pasti merasakan kejenuhan dalam aktivitasnya. Kejenuhan itu dapat juga terjadi dalam hal belajar, berikan waktu istirahat untuk anak-anak. Tetapkan jam belajar yang proporsional, tidak terlalu lama atau sebentar. Kemudian,  orangtua dapat memberikan waktu istirahat belajar di hari sabtu dan minggu atau tanggal merah. Biarkan anak bermain atau berlibur tanpa disibukan oleh aktivitas belajar.

 

  • Siapkan Makanan Bernutrisi

(picture: www.google.com)

Mulailah mengajarkan anak tentang hal yang berkaitan dengan nutrisi. Berikan anak makanan atau camilan yang dia sukai dengan tetap memperhatikan gizi yang seimbang terutama di kondisi pandemi Covid-19 saat ini waktu belajar anak di depan layar (screentime) tentu meningkat. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin A baik untuk kesehatan mata anak.

 

  • Metode Belajar Yang Menyenangkan

(picture: www.google.com)

Ketahuilah bagaimana tipe belajar anak Anda. Karena setiap anak memiliki tipe belajar yang berbeda. Ada anak yang lebih gampang mengerti jika langsung dilakukan praktek atau ada juga yang mengerti jika diberi penjelasan lewat video dan eksplorasi. Sisipkan games – games menarik dalam belajar. Berikan alat – alat tulis yang menarik dan dapat meningkatkan semangat belajar anak atau dengan melakukan aktivitas belajar seni bersama seperti menggambar/ melukis.