Saat muda dimana tenaga dan pikiran kita masih baik, kita punya banyak waktu dan kesempatan untuk melakukan beragam kegiatan dan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal.

Oleh karenanya hendaknya kita dapat memanfaatkan waktu muda kita dengan kegiatan dan pekerjaan yang positif dan menghasilkan untuk bekal dikemudian hari.

Sejak muda hendaknya kita memulai dan mempersiapkan semuanya untuk mengisi masa pensiun kita. Tentunya kita semua menginginkan masa-masa pensiun kita dilalui dengan senang, sehat dan bahagia. Bagaimana untuk mencapai masa pensiun kita dapat dilalui dengan bahagia?

Berikut 5 tips singkat cara cermat mempersiapkan masa pensiun:

1. Paksakan diri Anda untuk Menabung dan Berinvestasi

Mulai sekarang, setelah menyisihkan gaji untuk kebutuhan, jangan lupa untuk menyisihkan gaji untuk kebutuhan, jangan lupa untuk menyisihkan gaji demi menabung. Menabung memang susah saat Anda masih muda, namun cobalah untuk menjadikannya prioritas setelah memenuhi kebutuhan utama. Dengan menabung terbukti mampu menjadikan penabungnya dapat memenuhi segala kebutuhan dirinya sendiri dan keluarganya.

Selain menabung, ada baiknya Anda mencoba untuk berinvestasi. Investasi adalah salah satu solusi untuk memperoleh pendapatan secara pasif. Bedanya dengan tabungan adalah jika investasi ada risiko didalamnya. Menyisihkan sebagian tabungan untuk memulai investasi yang aman adalah pilihan yang sangat cerdas. Dalam prinsip investasi berlaku semakin tinggi imbal hasil, semakin tinggi tingkat risiko ?high risk high return?. Jadi cermat dan berhati-hatilah dalam berinvestasi.

2. Buat Rencana Keuangan, Kontrol Pengeluaran Secara Efektif

Mungkin, sebagian besar dari kita masih merasa rumit saat ingin mencatat transaksi keuangan sederhana dalam rumah tangga, seperti pemasukan dan pengeluaran. Sama halnya seperti bisnis yang sebaiknya memiliki pencatatan, Anda pribadi juga sebisa mungkin harus membuat catatan keuangan untuk setiap transaksi yang dilakukan paling tidak di setiap bulannya. Dengan begitu Anda mampu mengurangi pengeluaran yang dirasa tidak perlu untuk setiap bulannya dan tabungan mungkin akan bisa bertambah lagi.

Mulailah berhemat dari halhal yang kecil, sehingga kondisi keuangan akan lebih baik dan stabil.

3. Jangan Tunggu Rencana Sempurna, Harus Dimulai dari Sekarang!

Ada tipe orang yang jago membuat perencanaan, namun tak kunjung dikerjakan. Kebiasaan untuk berhemat dan menabung tidak akan pernah tercapai kalau kita terus menunda untuk melakukannya. Jangan terlalu berandai-andai dengan rencana tanpa eksekusi. Alangkah baiknya kalau kebiasaan menabung dimulai dari sekarang juga. Setidaknya pastikan minimal ada 3% hingga 10% penghasilan yang ditabung setiap bulan untuk persiapan dana pensiun.

4. Segera Lunasi Hutang

Hidup tanpa utang sepertinya sudah mulai jarang ditemukan. Apapun bentuknya hutang seolah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Salah satunya dalam bentuk kartu kredit. Hutang yang tidak terkontrol bisa menjadi bagian dari kecerobohan finansial kita di masa lalu dan pastinya akan membuat kita harus mengangsur utang di masa kini. Kalau kita memiliki utang, alangkah baiknya bila kita segera melunasi utang tersebut. Utang yang bunganya besar akan menggerogoti pendapatan kita secara teratur. Jadi, tidak ada salahnya melunasi utang bila kita sedang memiliki pendapatan berlebih.

Kalaupun harus berutang, ambillah utang positif. Artinya utang tersebut untuk usaha produktif yang akan menghasilkan pendapatan melebihi bunga utang itu sendiri. Itu baru cara cerdas dalam berutang.

Kalaupun harus berutang, ambillah utang positif. Artinya utang tersebut untuk usaha produktif yang akan menghasilkan pendapatan melebihi bunga utang itu sendiri. Itu baru cara cerdas dalam berutang.

5. Menyiapkan Dana Darurat

Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, siapkan tabungan dan ikut program asuransi untuk melindungi diri dari kondisi darurat yang bisa saja muncul tanpa kita prediksi sebelumnya. Dana darurat akan menjadi penyelamat kita saat kondisi keuangan kita sedang memburuk. Dalam konteks perencanaan pensiun, selain tabungan darurat, sebagai anak muda Anda harus mulai memiliki investasi, melindunginya dengan paket asuransi.