Indonesia sedang memasuki tahapan kebijakan baru di masa pandemi COVID-19. Setelah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang memaksa kita untuk berdiam diri #dirumahaja selama kurang lebih 3 bulan, kini pemerintah menerapkan kebijakan New Normal yang memperbolehkan kita untuk beraktifitas di luar rumah akan tetapi wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah di buat oleh pemerintah serta menjaga kebersihan. Dengan adanya New Normal bukan berarti kita sudah terbebas dari pandemi virus Covid-19, Justru adanya kebijakan New Normal ini yang mengharuskan kita lebih menjaga imun tubuh kita. Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi Covid-19.

Salah satu cara menjaga bahkan meningkatkan imun tubuh kita, selain mengkonsumsi makan-makanan yang sehat serta meminum berbagai vitamin adalah dengan berolahraga. Intensitas waktu olahraga yang cocok juga sekitar 15-20 menit dengan menyesuaikan oksigen yang masuk karena protokol kesehatan mewajibkan semua masyarakat menggunakan masker saat beraktifitas.

 

Berikut ini adalah jenis olahraga yang cocok di lakukan di era New Normal dan Pandemi Covid-19 saat ini.

1.    Jogging

Jogging salah satu olahraga selain mudah di lakukan dan tidak menggunakan biaya, dilakukan dengan berlari kecil sembari mengatur nafas dan menghirup oksigen. Jogging bermanfaat untuk mengurangi lemak, membakar kalori, memperbaiki suasana hati dan menghilangkan stres.

(source pic: pinterest.com)

 

2.    Bersepeda

Belakangan ini, bersepeda menjadi olahraga yang marak dilakukan oleh masyarakat. Di era adaptasi kebiasaan baru ini bersepeda dianggap sebagai salah satu olahraga yang aman. Namun tentunya tetap harus menjalankan protokol kesehatan seperti physical distancing atau jaga jarak. Tapi ingat, saat kamu mengayuh sepeda sebaiknya masker dilepas dulu dan dikantongi guna mencegahmu dari kekurangan oksigen.

(source pic: pinterest.com)

 

3.    Yoga

Olahraga ini mungkin terkesan mudah dan sederhana. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, olahraga ini juga tergolong efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Bonusnya lagi, beberapa gerakan yoga dapat membuat kamu lebih tenang dan santai. Sehingga kecemasan yang sering muncul selama pandemi ini bisa berkurang. Beberapa manfaat yoga lainnya adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di internet.

(source pic: pinterest.com)

 

4.    Senam/ Zumba

Jika tidak memiliki alat latihan kardio, kamu bisa melakukan senam aerobik yang memiliki manfaat yang serupa. Olahraga satu ini juga menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan selama di rumah. Kamu bisa melakukan senam zumba misalnya, dengan mengikuti video tutorial atau bahkan bersama teman-teman di rumah masing-masing lewat video conference. Senam aerobik juga mampu meredakan gejala depresi dan gangguan cemas yang dihadapi selama pandemi ini.

(source pic: pinterest.com)