(Ilustrasi: google.com)

 

Bersepeda tengah jadi tren olahraga di masa pandemi Covid-19. Namun, di tengah situasi pandemi virus corona, bersepeda harus dilakukan dengan cara yang sehat dan aman. Namun, di kondisi sekarang ini, berolahraga di luar ruangan bukan menjadi hal yang ideal. Yang dikhawatirkan, tentu saja, risiko tertular penyakit COVID-19. Lalu, bagaimana cara bersepeda yang aman di masa pandemi virus corona ini?

  1. Mematuhi Protokol Kesehatan

Saat bersepeda seseorang juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan standar Covid-19 agar terhindar dari virus. Seperti, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan ataupun menggunakan handsanitizer wajib dilakukan selama bersepeda.

(Ilustrasi: google.com)

  1. Menggunakan Alat Perlindungan Diri & Cek Kondisi Sepeda

Lengkapi sepeda dengan aksesoris, seperti helm, pelindung lutut, lampu dan tempat botol minum. Jangan lupa untuk terus mengecek kondisi ban, rem, dan segala komponen berputar pada sepeda, seperti rantai, hub, bottom bracket secara berkala.

(Ilustrasi: google.com)

  1. Rute

Sebelum berangkat, pastikan mencari rute perjalanan yang sepi. Hindari daerah yang ramai atau rute populer yang banyak dilalui pesepeda lainnya. Atur juga waktu bersepeda, carilah waktu di mana tidak banyak orang lain bersepeda pada jam saat yang sama.

(Ilustrasi: google.com)

  1. Bersepeda dengan Keluarga saja

Sebaiknya tidak bersepeda dalam kelompok besar yang tergabung orang lain di dalamnya. Bersepedalah dengan keluarga atau kerabat yang serumah dengan Anda, untuk meminimalkan risiko terjadinya penularan penyakit. Apabila ingin bersepeda dengan berkelompok, batasi kelompok bersepeda maksimal 5 orang.

(Ilustrasi: google.com)

  1. Langsung pulang dan mandi

Setelah bersepeda di luar rumah, pastikan langsung pulang ke rumah dan segeralah mandi, gantilah dengan pakaian yang bersih sebelum melanjutkan aktivitas lain.

(Ilustrasi: google.com)