Dalam rangka mencapai visi dan misi YKP bank bjb khususnya penyelesaian Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) Bagian Perencanaan dan Pengendalian Keuangan serta melakukan proses perbaikan yang berkelanjutan di lingkungan YKP bank bjb, maka pengembangan automasi sistem Keuangan yang akuntabel, efektif dan efisien menjadi salah satu aspek penting dalam menciptakan pondasi kesuksesaan organisasi di masa datang.

Agar mendorong terciptanya sistem keuangan yang akuntable, transparan, dan akurat sebagai alat dalam pengambilan keputusan yang reliable, maka diperlukan sistem informasi manajemen keuangan yang komprehensif dan terintegrasi. Otomatisasi melalui sistem keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses kerja dan produktivitas organisasi secara keseluruhan.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka YKP bank bjb melakukan transformasi sistem Keuangan yang meliputi otomatisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Anggaran, Keuangan dan Akuntansi. Pengadaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dimaksud melalui kerjasama dengan pihak eksternal sebagai penyedia jasa pengadaan dan konsultan.

Adapun sasaran dari program ini adalah :

  1. Meminimalisir kesalahan elementer yang mungkin terjadi
  2. Efisiensi waktu dan biaya dalam proses transaksi, pengolahan data dan penyelesaian laporan keuangan
  3. Mempunyai sistem back up data dan database yang memadai
  4. Efisiensi dan efektivitas kontrol dan monitoring atas aktivitas-aktivitas yang terkait keuangan
  5. Membantu dalam mewujudkan tatakelola Yayasan yang baik (Good Foundation Governance) dan tertib administrasi dengan tujuan dapat memberikan informasi yang relevan, akurat, akuntable dan tepat waktu.