(ilustrasi: google.com)

 

Di tengah pandemi COVID-19 ini, hampir sebagian besar orang menghabiskan waktu di rumah. Masyarakat diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan melakukan langkah perlindungan diri. Langkah sederhana yang wajib diterapkan saat ini adalah dengan tidak berkegiatan di luar rumah, menerapkan anjuran kesehatan yang disarankan WHO, serta mematuhi himbauan physical distancing dan menggunakan masker jika terpaksa meninggalkan rumah.

Satgas COVID-19 telah menyarankan agar rumah tetap aman dari persebaran COVID-19. Salsah satunya, memastikan keluarga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

1. Perhatikan Sirkulasi Udara & Cahaya Matahari di Rumah

Pastikan setiap ruangan di dalam rumah memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika diperlukan, dapat menyediakan pemurni udara (air purifier) di dalam rumah.

2. Rutin Membersihkan Rumah dan Isinya

Bersihkan permukaan benda setiap harinya, seperti meja, gagang pintu atau jendela, sakelar lampu, remote TV atau AC. Perhatikan juga kebersihan perabot lain yang berada di area dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga. Cuci gorden, seprai hingga selimut dan pakaian secara rutin. Gunakan air hangat lebih baik dan keringkan sampai benar – benar kering. Langkah-langkah ini membantu mematikan virus.

3. Aturan Menerima Tamu

Pertimbangkan kondisi kesehatan diri dan anggota keluarga. Pikirkan kembali untuk menerima tamu jika ada anggota keluarga dengan kondisi medis tertentu yang bisa meningkatkan keparahan jika terpapar covid-19. Jika ada anggota keluarga atau tamu tiba dirumah, sebelum makan & setelah menggunakan kamar mandi biasakan untuk mencuci tangan dan tetap jaga jarak, pakai masker dan batasi jumlah tamu yang datang.

4. Jangan Menyentuh Barang Apa Pun dan Jangan Langsung Beristirahat

Setelah bepergian dari luar jangan menyentuh barang apa pun yang ada di dalam rumah sebelum mencuci tangan sampai bersih, hindari merebahkan diri di kursi atau sofa. Segeralah memberihkan tubuh dan mengganti pakaian.