(source pic: pinterest.com)

 

Situasi pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia membuat sebagian besar perusahaan dan institusi mengambil kebijakan work from home (WFH) bagi para pegawainya. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona penyebab Covid-19. Sekilas, kebijakan tersebut tampak menyenangkan untuk dijalankan. Selain lebih nyaman, WFH dinilai dapat “memangkas” jam kerja karena tidak perlu menghadapi padatnya lalu lintas. Namun demikian, pandangan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Sebab, ada satu masalah yang mengintai, yakni kelelahan mata karena terlalu lama menatap layar komputer dan smartphone. Contohnya, aktivitas meeting yang biasa dilakukan di ruang rapat kini tergantikan oleh aplikasi video call. Kemudian, mereka yang memiliki anak pun kerap mendampingi proses belajar online. Kini, para atasan juga banyak memanfaatkan gadget untuk memantau kinerja karyawannya.

Apa kamu termasuk orang yang sering berkerja di depan komputer? Ya, kamu harus berhati – hati dengan radiasi pada monitor komputer. Radiasi pada monitor bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti mata kering, merah, dan gejala lainnya yang membuat tidak nyaman. Di saat kondisi tersebut, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata. Berikut tips sehat bekerja dengan komputer.

 

  1. Atur pencahayaan layar komputer

Langkah preventif pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kelelahan mata adalah mengatur kecerahan layar monitor.memilih layar komputer jenis LCD (liquid crystal display) yang  tingkat radiasinya rendah, merupaka solusi yang tepat. Jangan lupa, sesuaikan brightness dan contrast monitor, karena brightness (pencahayaan) yang terlalu terang atau terlalu buram ngga baik buat kesehatan mata.

(source pic: pinterest.com)

 

  1. Atur posisi mata dengan monitor

Monitor juga bisa diletakkan pada posisi yang ergonomis, seperti pada posisi 16 hingga 30 inci dari mata, tergantung dari seberapa besarnya layar. Idealnya, jarak antara monitor dengan mata adalah 45 cm. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah, karena bisa menyebabkan sakit di leher. Jadi, sebaiknya kamu meletakkan monitor sejajar dengan pandangan mata. Selain itu, penempatan posisi komputer atau laptop juga perlu diatur, agar mata ngga silau karena pantulan cahaya lampu kerja atau jendela.

(source pic: pinterest.com)

 

  1. Relaksasi Mata

Kamu perlu mengistirahatkan dan mengendurkan otot-otot mata selama bekerja dengan komputer loh! Caranya, dengan mengalihkan pandangan mata kamu ke ruangan lain, tanaman hijau atau langit. Selepas bekerja dan sebelum kamu pergi tidur, sempatkan untuk mengompres mata dengan tisu basah atau handuk hangat. Jangan abaikan, mata juga perlu dirawat dan dijaga, karena kerusakan mata bisa membuat kerja tidak optimal.

(source pic: pinterest.com)

 

  1. Rutin periksa mata

Setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan mata setidaknya dua tahun sekali. Dengan memeriksakan mata secara rutin, masalah atau penyakit mata bisa dideteksi dan dicegah sejak dini. Khusus untuk orang yang berusia di atas 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata setidaknya satu tahun sekali. Sebab, pada usia tersebut, kemampuan mata telah menurun dan rentan terserang penyakit mata.

(source pic: pinterest.com)

 

  1. Perbanyak konsumsi vitamin A & makanan bergizi lainnya

Mata membutuhkan vitamin A supaya tetap dalam kondisi baik. Vitamin A banyak terdapat pada sayur – sayuran, seperti wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat, dan buah – buahan seperti pepaya.

(source pic: pinterest.com)