Tidak sedikit penambahan kasus Covid-19 berasal dari klaster perkantoran. Tanpa disadari ternyata ada beberapa tempat yang beresiko tinggi menularkan Covid-19 di area perkantoran loh!

 

1. Area Dapur/ Pantry

Beberapa peralatan di dapur kantor rentan terhadap penularan Covid-19. Dari mulai pemakaian alat dispenser bersama dan lainnya secara tidak sadar membuat risiko penularan. Sebaiknya langsung membersihkan peralatan pribadi maupun bersama setelah digunakan. Cuci tangan dengan sabin, sebelum dan sesudah menggunakan peralatan dapur.

(source pic: pinterest.com)

 

2. Toilet

Melansir dari Nagaland Post (nagalandpost.com), penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal bernama Physics of Fluids. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membilas toilet umum bisa membuat partikel Virus Covid-19 terbang di udara sekitar 60 cm dalam waktu kurang dari 6 detik. Membilas toilet menggunakan toilet siram melibatkan interaksi antara permukaan gas dan cairan. Toilet siram menyebabkan penyebaran luas partikel aerosol dari urinal. Bersihkan tangan setelah dari toilet.

(source pic: pinterest.com)

 

3. Ruang Terbatas

Penularan Covid-19 menjadi rentan di ruang terbatas seperti lift. Perusahaan perlu membatasi jumlah orang dalam ruangan kecil. Selain itu memastikan ventilasi udara yang memadai penting untuk mecegah risiko penularan Covid-19.

(source pic: pinterest.com)

 

4. Tombol Lift

Tombol lift berisiko tinggi penularan Covid-19, karena benda ini termasuk yang paling sering disentuh. Pastikan selalu mengantisipasi hal ini dengan menggunakan sarung tangan saat menyentuh lift atau selalu memakai hand sanitizer bila tidak sempat mencuci tangan.

(source pic: pinterest.com)